bloging
Banyak Cara Dapat Cuan di Kripto, Tak Hanya NFT

Banyak Cara Dapat Cuan di Kripto, Tak Hanya NFT

Setelah viral Ghozali Everyday berhasil menjual foto-foto selfie dengan nilai total milaran rupiah di market place Non-Fungible Token (NFT) di opensea.io, banyak orang penasaran apa sih kripto. Beberapa kawan juga ikut bertanya secara langsung ke saya. Mereka pernah baca beberapa postingan saya tentang #cryptocurrency, baik di blog, Facebook, Instagram @ruangmi, maupun di Twitter saya @moesismail.

Saya mengenal #kriptp pada 2017. Kala itu banyak kawan di Aceh yang meraup untung besar dari kripto. Caranya? Mereka bikin konten di platform Steemit.com. Ada yang menulis, mengunggah foto, video, karya grafis, lukisan, dah lain-lain.

Setiap like atau vote di konten kita di Steemit maka kita akan mendapat reward dalam uang kripto Steem dan Steem Dollar. Saya pun ikut biikin akun di Steemit — steemit.com/@musismail. Mulailah saya intens menulis sambil mempelajari kripto. Kami sesama kreator konten di Steemit kerap bertemu untuk diskusi atau sekedar ngopi. Kami saling belajar. Steemit juga punya komunitas bernama Komunitas Steemit Indonesia, yang pernah membuat pertemuan besar di Bandung pada 2018.

Dari sekedar menulis, saya kemudian belajar trading dan investasi. Sebab, sejumlah kawan yang lebih dulu menjadi kreator konten di Steemit, tidak hanya berkarya, tapi juga membeli koin Steem dan Steem Dolar untuk disimpan maupun dijadikan Steem Power. Saya pun ikut membeli Steem untuk disimpan dan sebagian lagi dijadikan Steem Power.

![70f75aa4_1fe2_413e_9959_cff783b11ef5.jpg](https://images.ecency.com/DQmSLoYdZHEUQumq6V3MtCq5mVAWjQudxzJYebNfCmtZg9A/70f75aa4_1fe2_413e_9959_cff783b11ef5.jpg)

Apa untungnya disimpan? Sebagai investasi, kami memprediksi sekaligus berharap nilainya akan naik sehingga kami punya selisih sebagai keuntungan. Ini mirip investasi saham, jika suat saat harganya naik maka kita akan mendapatkan keuntungan. Itu terbukti sejumlah Steem yang dulu saya simpan pada 2021 saya cairkan menjadi rupiah dengan nilai lumayan.

Lalu apa gunanya investasi di Steem Power? Jika kita membeli Steem dan menjadikannya sebagai Steem Power, maka kita akan mempunyai kekuatan vote ketika memberi like (vote) pada konten orang lain. Dalam sistem Steemit — begitu pula sekarang Hive dan sejumlah platform blogging lain– yang mendapat reward bukan hanya kreator konten, tapi juga yang membaca dan memberi vote (like). Nah, makin tinggai Steem Power kita, makin besar nilai vote (reward) kepada kreator konten sekaligus makin besar pula reward buat kita yang memberi like.

Selain investasi, saya juga kemudian trading, yakni membeli beli koin kripto lalu menjualnya di atas harga beli. Prinsipnya sama seperti dagang biasa: beli kangkung seikat seharga Rp 1 ribu rupiah lalu menjualnya dengan harga Rp 1.100. Sehingga kita bisa untung Rp 100 tiap ikat sayur. Jika sehari kita beli 10 ribu ikat sayur, maka keuntungan kita Rp 100 x 10.000 ikar = Rp 1.000.000. Itu hanya contoh.

Selain trading, saya juga pernah nambang kecil-kecilan pakai HP dan laptop dan mengikuti airdrop — program promosi ketika ada developer meluncurkan koin baru. Nah, kita bisa mendapatkan sejumlah koin sebagai hadiah karena kita mengikuti promo itu, dengan antara lain ikut mempromosikan koin tersebut. Tapi dual terakhir saya tidak intens mengikutinya. Saya lebih banyak menulis, investasi, dan trading.

![youtuber_g36a636172_1920.jpg](https://images.ecency.com/DQmbcqgR3H6urrKEeJhHw6FvisXWbk4UUE4fiRq5ycBWhZx/youtuber_g36a636172_1920.jpg)
> Ilustrasi: pixabay.com

Semua itu saya lakukan di sela-sela pekerjaan rutin. Lumayan bisa menambah pendapatan sambil rebahan, ngopi, atau iseng-iseng lagi bengong ketika menunggu kereta untuk pergi dan pulang ke kantor. Jadi ada beberapa cara main kripto dan mendapatkan koin kripto, antara lain sebagai berikut:

1. Trading (jual beli) – ini kayak jualan biasa. Misal beli kangkung seikat 1.000 dan jual. 1.100.

2. Investasi:
Beli lalu disimpan untuk waktu tertentu, sampai harga naik. Tidak asal beli tentu. Kita harus riset betul koin yang terus naik dan berpotensi besar (bernilai tinggi) di masa depan. Misalnya dengan melihat proyeknya (dia bikin apa dan seberapa potensial apa yang dia lakukan), keseriusan developernya mengelola dan membesarkan koin itu, dukungan komunitas, dan lain-lain. Misalnya koin Hive dan Steem, antara lain, mereka punya platform blogging yang ia garap serius dan punya komunitas besar. Ini hanya contoh, bukan mengendors Anda membeli Hive dan Steem.

3. Bikin konten
Menulis, bikin video, foto dll dan diposting di platform berbasis kripto. Ada platform tempat kreator berkarya, seperti hive.io, steemit.com, torum.com, blurt.blog, uhive.com, dan sebagainya.

4. Airdrop
Kita mendapat kriptp dari promo – hadiah – karena kita ikut mempromosikan koin kripto baru.

5. Menambang
Kita menambang aset kripto dengan komputer dan/atau telepon genggam

6. Nonton
Ada sejumlah platform yang memberi reward jika kita menonton video mereka atau iklan mereka

7. Games
Ada sejumlah games yang memberikan aset kripto kalau kita menang

8. Menjual karya atau sesuatu di NFT atau market berbasis kripto.

Selamat mengakrabi dan menikmati kripto. Jika ingin berdiskusi lebih jauh silakan bergabung di grup telegram Kongkow Kripto di t.me/kongkowkripto. Bisa tanya-tanya di sana dan teman-teman akan menjawab.

MI 160122

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: