bloging
Jangan Tergoda Hosting Gratisan

Jangan Tergoda Hosting Gratisan

Saya pernah mengalami kejadian seperti ini: baru beberapa jam website selesai saya kerjakan, dan rapi, ketika dibuka sudah ada pesan bahwa website itu disuspend. Saya mengecek email, ada pemberitahuan bahwa web disuspend karena melebihi limit harian. “Your account exceeded the daily limits of your service,” begitu tertulis di email. Penyedia hosting itu juga menawarkan agar saya beralih ke hosting berbayar.

Saya tidak tahu persis batas limit harian, karena ketika mendaftar tidak menemukan penjelasan itu. Di email, ketika konfirmasi pendaftaran, pun tak menemukan penjelasan itu, kecuali deskripsi tentang teknis hosting seperti login, names server, dan lain-lain. Kedua, saya juga tidak persis kok bisa website baru beberapa jam bisa melebihi limit harian. Saya segera putuskan untuk meninggalkan hosting itu dan memakai hosting berbayar.

Di Indonesia, ada banyak sekali hosting berbayar, dengan aneka tawaran diskon yang menarik. Beberapa di antaranya, bannernya saya pasang di web saya ini. Silakan diklik dan lihat berbagai tawaran dari mereka. Ada Domainesia, Niagahoster, Idwebhost, Hoststres, Rumahweb, Ardetamedia, dan lain-lain. Masing-masing punya tawaran yang menarik. Nah, tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Lihat detil spesifikasi hosting masing-masing itu.

Saya sendiri sempat beberapa kali pindah hosting. Terakhir, blog saya terdahulu, hosting di Hoststres, tapi lupa diperpanjang – karena kala itu blog memang tidak terurus dan lebih banyak aktif di Instagram -– akhirnya layanan dihentikan. Padahal saya mendapatkan harga yang cukup keren dari Hoststres kala itu, yakni Rp 99 ribu setahun. Dengan harga itu, saya bisa host beberapa web sekaligus. Sejauh yang saya pakai, hosting ini cukup lancar. Bahkan saya merekomendasikanya kepada beberapa kawan.

Baru-baru ini, saya melihat Hoststres hanya punya satu paket layanan hosting, yakni “Misquin”, dengan space unlimeted. Harganya pun menggoda, yakni Rp 123.456. Angkanya unik. Hoststres, menurut saya, memang unik. Dari namanya saja sudah unik. Lalu, narasi atau story telling di webnya pun segar. Mereka menyebut diri kumpulan orang-orang stres, namun “Layanan hosting kami adalah layanan sesungguhnya (serius layanan hosting profesional).”

Itu memang dibuktikan dengan tim mereka yang terus standby. Begitu kita buka webnya, langsung ada pesan chat. Itu bukan robot, tapi admin mereka yang terus berjaga. Sehingga saya pun dengan senang hati merekomendasikan hosting ini kepada kawan-kawan. Dari pada memakai hosting gratisan, dan terjadi apa yang pernah saya alami, repot sekali. Bayangkan jika ada hal penting yang belum sempat dibackup atau diamankan.

Jadi, dari pada hosting gratis, lebih baik pilih hosting berbayar. Soal mau pilih hosting mana, itu soal lain. Silakan timbang dari berbagai banyak tawaran dan layanan hosting yang tersedia. Pun begitu soal spesifikasi, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Satu lagi: pastikan adminnya mudah dikontak, entah lewat nomor WA, chat, paling tidak melalui tiket dan email. Selamat ngeblog.

MI 010221

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: