cangpanah

Perangkap Marketing di Media Sosial

Terkadang kita terkecoh dengan status-status atau posting kontroversial media sosial. Kita lupa: dengan ikut “meramaikannya” — entah mengecam, meledek, bahkan membully — sesungguhnya kita telah masuk dalam perangkap marketing. Tanpa sadar kita telah membuat nama yang kita kecam itu menjadi terkenal.




Ingat, salah satu jurus marketing agar “sesuatu” (termasuk sebuah produk dan seseorang) terkenal adalah menciptakan kontroversi. Ketika nanti namanya sedang hangat, tentulah ia akan menikmati hasilnya. Entah ia sedang menyiapkan produk baru, entah pula itu demi membuat namanya naik kembali karena selama ini dianggap mulai tenggelam. Begitu namanya naik lagi ia pun akan segera mendapat keuntungan baru, misal job baru.

Jadi, kita tumpahkan energi kita untuk mengecam bahkan membully seseorang, sementara orang yang kita kecam itu sesungguhnya sedang menikmati keuntungan. Bahkan, setidak-tidaknya, ia sedang menikmati bahkan meledek keluguan” kita: “Asyik, rasain lo, perasaan lo gua permainkan dan lo blingsatan haha.’

Perangkap marketing ada di mana-mana. Jangan tergoda untuk menghabiskan waktu untuk merespon sesuatu (termasuk status, komentar, dll) yang tak berguna. [MUSTAFA ISMAIL]



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: